Di Balik Timeline: 3 Tips untuk Pengguna Facebook

Anda telah melengkapi profil Timeline di Facebook? Kemungkinan masih ada tiga fitur yang terlewatkan saat Anda mencari foto cover yang bagus dan membersihkan posting lama yang ditampilkan Facebook.

Facebook berharap semua user telah mengganti profilnya ke format baru di minggu-minggu mendatang. Saat ini, user yang berpindah ke Timeline masih punya waktu selama tujuh hari untuk mengedit informasi yang tampil di sana. Waktu pengeditan ini mungkin tidak tersedia lagi setelah Facebook melakukan konversi otomatis bulan depan.

Berikut adalah tiga fitur yang mungkin Anda lewatkan.

Membuka Pesan Tersembunyi

Mungkin Anda kehilangan beberapa pesan karena ikon notifikasi tidak diaktifkan oleh pesan-pesan yang menurut Facebook masuk ke dalam kategori “Other”. Coba Anda lihat sendiri: Masuk ke wall Anda dan klik “Messages > Other” di panel sebelah kiri untuk melihat seluruh pesan yang Anda terima. Kebanyakan pesan-pesan yang masuk ke sini berasal dari merek-merek yang Anda “Like”. Namun, pesan-pesan yang berasal dari orang-orang yang tidak ada dalam daftar teman juga akan masuk ke kategori ini. Coba periksa, siapa tahu ada pesan penting atau teman baru.

Tambahkan Foto ke Chat

Sebuah hack kecil telah ditemukan. Ini adalah hack untuk menambahkan foto berukuran kecil ke fitur chat Facebook. Ketikkan nama awal dan nama keluarga teman Anda dengan dipisahkan oleh tanda titik. Setelah itu, tutup nama tersebut dengan dua pasang kurung siku. Misalnya, [[Orang.Ganteng]]. Jika gambarnya terlalu kecil dan sukar dikenali, taruh pointer mouse ke atas namanya untuk menampilkan versi yang lebih besar.

Cara yang sama juga berlaku untuk halaman-halaman merek, tapi tak usah menggunakan tanda titik. Misalnya, coba ketikkan “[[pepsi]] dan [[cocacola]] selalu bersaing” untuk melihat hasilnya.

RSVP pada Event yang Disarankan

Facebook telah meluncurkan ekstensi untuk fitur Events yang diberi nama Suggested Events. Ekstensi ini menggunakan informasi dari profil Anda untuk mengira-ngira event yang mungkin akan Anda sukai. Event yang akan berlangsung ini disarankan kepada Anda berdasarkan jumlah teman Anda yang menyukai event tersebut, jumlah teman Anda yang akan hadir, tempat-tempat di mana Anda pernah check-in, halaman-halaman yang Anda sukai, dan musik yang pernah Anda dengarkan.

Daftar event yang disarankan ini berisi penjelasan singkat, gambar, dan sebaris keterangan yang menjelaskan hubungan Anda dengan event tersebut—seringkali hanya berisi keterangan bahwa teman Anda si X akan hadir di acara tersebut. Jika teman yang akan datang ke acara tersebut adalah orang yang sedang Anda incar, ikuti saja acaranya dengan mengklik “join” atau “maybe.

 

Leave a Reply