Generator Listrik Tenaga Urine dari Afrika

Empat gadis remaja dari Afrika berhasil membuat sebuah generator listrik yang ditenagai oleh urine (betul, urine alias air kencing). Hasil karya ini dipublikasikan dalam ajang Maker Faire Africa 2012yang berlangsung di Lagos, Nigeria, pada tanggal 5-6 November kemarin. Duro-Aina Adebola (14), Akindele Abiola (14), Faleke Oluwatoyin (14), dan Bello Eniola (15) adalah nama para perakit generator yang bisa menyediakan listrik selama 6 jam dari 1 liter urine tersebut.

Secara ringkas, dikatakan bahwa cara kerja generator listrik tenaga urine ini adalah sebagai berikut:

  • Urine disalurkan ke sel elektrolit yang akan memisahkan kandungan hidrogen dari urine.
  • Hidrogen dialirkan ke filter air untuk disaring, yang selanjutnya disalurkan ke silinder gas.
  • Silinder gas ini mendorong hidrogen ke silinder lain berisi boraks cair yang berfungsi untuk menyerap kandungan air dari gas hidrogen.
  • Hidrogen yang telah dimurnikan ini kemudian dialirkan ke generator sebagai bahan bakar.

Sayang tidak ada penjelasan lebih jauh lagi tentang spesifikasi dan cara kerjanya. RumpiTekno sekedar ingin tahu, berapa watt daya yang mampu dihasilkannya. Bagaimana cara mengalirkan urine ke sel elektrolit (tidak terlihat adanya pompa dalam gambar). Selain itu, sel elektrolit juga perlu listrik untuk bisa memisahkan hidrogen dari amoniak (urine). Ah, tapi itu pertanyaan dari saya yang belajar listrik tapi buta tentang kimia.

 

Leave a Reply